Senin, 15 April 2013

PRAKTEK EVIEWS IMPORT DATA PANEL FILE Ms EXCELL

Tahapan-tahapan import data panel dari Ms. Excell adalah sebagai berikut:
Siapkan file Ms. Excell yang akan diimport, Simpan dalam format .XLS (format 2003-2007). Perhatikan susunan tabelnya. Provinsi i kemudian periode (t) nya bergerak, setelah selesai baru dilanjutkan kepada provinsi berikutnya begitu seterusnya. Contoh formatnya adalah sebagai berikut:

Data yang digunakan pada simulasi ini adalah data 30 provinsi yang diamati dalam rentang waktu 2006-2008, variabelnya dimisalkan saja Y, X1, X2 dan X3, seperti yang terlihat dibawah ini.

Setelah disimpan file Ms. Excell 2003-2007 nya jangan lupa ditutup filenya (atau save as ke format yang berbeda dari Ms. Excell yang akan diinput
Bukalah Eviews yang anda miliki, Kemudiaan pilih file >new >workfile

Karena menggunakan data tahunan, maka frekuensinya dalam annual, dimulai dari tahun 2006-2008.
OK

4. Kemudian pada workfile, klik Object >New Object >Pool > tuliskan nama pool nya misal ALI

Kemudian pada pool, identifikasikan observasi kita, tetapi dahulukan dengan menggunakan “_”, bisa berupa angka, bisa berupa tulisan, misalnya: _1,_2,…,_30 ataupun _NAD,_SUMUT,…,_PAPUA
5.      Setelah identifikasi, pilih opsi proc > import pool data
 

6.   Pada upper left data, isikan pada cell apakah input data dimulai (misal D2), kemudian identifikasi variabel yang digunakan (Note: akhiri identifikasi variabel dengan tanda tanya ?)

7.   Apabila input data panel benar, maka akan terbentuk data input pada workfile yang ditandai dengan x1_1 sampai x1_30, hingga y_1 sampai y_30
Note: Cek terlebih dahulu, apakah data sudah benar, apabila ada nilai yang tertukar, itu artinya kita salah dalam penyusunan tabel yang akan diinput pada Ms. Excell, perbaiki format struktur tabelnya (Back to Tahapan 1).
8.   Lakukan estimasi model sederhana. Caranya pada workfile klik pool Ali, kemudian pada pool pilih estimate.
 

Dependent Variable, isikan dengan y? (jangan lupa tanda tanya ya). Kemudian untuk Independent Variable nya, diisikan juga variabel nya dan jangan lupa diakhiri tanda tanya. 
9.  Kemudian pada model estimasi nya dapat ditentukan apakah menggunakan fixed effects model ataupun random effects model.
Note: ada pilihan cross section dan ada pilihan period, coba baca kembali introduction dan model estimasi. 
10.  Dan inilah hasil outputnya.

 

Dimana ditunjukkan dari nilai Prob (f-stat) yang kurang dari 0.1 (sebagai overall test) bahwa dengan tingkat keyakinan 90 persen, minimal ada satu variabel yang berpengaruh signifikan terhadap variabel tidak bebas. Variabel yang signifikan ditandai oleh prob t-statistik (sebagai partial test) yang kurang dari 0.1. Sehingga dengan tingkat keyakinan 90 persen variabel yang signifikan mempengaruhi Y adalah variabel X1 dan X3. Dan model dapat menjelaskan 97,7 persen variasi yang terjadi pada variabel y (adjusted R-squared).

Sekian penjelasan Cara Mengimport dan Estimasi Regresi data panel dari file Ms. Excell, semoga bermanfaat dan sebelumnya dapat membaca terlebih dahulu introduction nya untuk konsepnya.




3 komentar:

  1. Terimakasih banyak Pak atas postingannya, sangat berguna bagi mahasiswa seperti saya ini pak. semoga sehat selalu agar terus mampu berkarya Pak... salam dari Aceh Pak....

    BalasHapus
  2. Tutorial Lengkap Pool Data Panel Dengan EVIEWS
    Merupakan Tutorial Regresi Data Panel Model Pool
    Dengan Menggunakan EVIEWS Sehingga Disebut Dengan
    Tutorial Lengkap Pool Data Panel Dengan EVIEWS
    Klik Link Dibawah Ini Untuk Mendapatkan Tutorialnya
    https://s.id/Panel

    BalasHapus